Klik sponsor untuk close

pemain film "god must be crazy" meninggal


N!xau (sebelumnya G!kau; nama lahir Gcao Coma) (16 Desember (?) 1944 (?) – 1 Juli 2003) adalah seorang petani bush dari Namibia yang terkenal lewat perannya dalam film The Gods Must Be Crazy dari tahun 1980 dan sekuel-sekuelnya, di mana ia memerankan seorang bushman Kalahari bernama Xixo. Tanda seru dalam namanya adalah lambang untuk suara klik dalam bahasa ibunya, Ungwatsi, yang tidak dapat ditulis dalam aksara Latin.



Pada 1992, N!xau muncul dalam sebuah film dokumenter dan mengatakan bahwa ia menyesal muncul dalam film tersebut — namun ia membintangi beberapa sekuel, seperti The Gods Must Be Crazy 2, Crazy Safari, Crazy Hong Kong dan The Gods Must Be Funny in China. Dalam obituari yang ditulis dalam harian The Namibian, ditulis bahwa "konon kabarnya N!xau membiarkan upah yang didapatnya dari bermain film ditiup angin karena ia tidak mengerti harga uang." Setelah tidak bermain film lagi, N!xau bercocok tanam maize, pisang dan beans dan memiliki beberapa ekor ternak.

Pada tanggal 1 Juli 2003, ia meninggal karena "resisten multi obat" tubercolosis, ketika pergi berburu ayam mutiara. Ia dimakamkan pada tanggal 12 Juli dalam upacara semi-tradisional di Tsumkwe, di sebelah makam istri keduanya.

Manajer N!xau's mengatakan bahwa namanya sebenarnya adalah G!kau, tapi ditulis N!xau karena kesalahan tulis dalam film pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar